085848444419 Hubungi kami sekarang untuk info lebih lengkap dan penawaran terbaik!

BERBAGAI BAGIAN RUMAH YANG HARUS ANDA CEK PERAWATANNYA

Dalam mewujudkan sebuah rumah tempat tinggal yang nyaman, maka anda tidak bisa berhenti pada penataannya saja. Memang penataan yang terbaik, akan menghasilkan sebuah hunian yang tidak hanya nyaman namun juga memiliki nilai estetik tinggi. Namun ada hal lain yang perlu anda perhatikan dengan seksama, yaitu dari segi perawatannya.
Sebaik apapun anda dalam menata rumah, bisa berakibat buruk jika anda mengabaikan aspek pemeliharaan dan juga perawatan. Pengecekan dan perawatan rumah perlu dilakukan secara rutin dan berkala. Tentunya dengan tujuan agar semua bagian dari rumah anda tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

 

 

 

 

 

 

Terlebih lagi jika musim hujan telah tiba. Seperti yang anda ketahui, musim hujan tidak hanya memberikan suasana yang sejuk, namun bisa juga membawa petaka jika ada beberapa bagian dalam rumah anda yang rusak. Semisal atap rumah yang bocor, pastinya akan sangat merepotkan anda nantinya. Lantai yang basah, perabot yang rusak karena terkena tetesan air hujan, membuat keindahan interior yang telah anda rancang dengan susah payah jadi tidak maksimal lagi.
Karena itulah, kali ini kita akan coba membahas mengenai berbagai pengecekan dan juga perawatan yang perlu anda lakukan secara berkala agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan terlebih saat musim hujan tiba. Apa saja sih bagian rumah yang perlu di cek perawatannya? Yuk langsung saja kita simak bersama-sama!

Bagian Atap Rumah

Yang pertama bisa anda cek pada bagian atap rumah. Atap rumah bisa dikatakan sebagai garda terdepan dalam melindungi rumah anda, terutama saat musim hujan tiba. Sederas apapun hujan yang turun, seharusnya tidak menjadi masalah berarti jika kondisi atap rumah anda dalam keadaan yang prima.

Anda bisa melakukan inspeksi pada atap rumah untuk mengecek apakah ada keretakan, lubang, ataupun area yang sudah hampir rusak. Cek juga pada bagian genteng apakah semuanya masih dalam keadaan terpasang dengan baik. Jangan sampai saat hujan tiba justru ada genteng yang melorot. Periksa juga kekencangan sekrup yang mengikat material penutup rumah anda.
Tidak ketinggalan, periksalah apakah cat pelapis anti bocor pada atap rumah anda masih berfungsi dengan baik. Jika dirasa sudah waktunya untuk melakukan pelapisan ulang, maka sebaiknya jangan ditunda lagi. Karena akan sangat merepotkan nantinya jika anda melakukan perawatan atap rumah justru saat musim hujan sedang berlangsung.

Bagian Plafon Rumah

Masih dari sisi atas rumah, bagian selanjutnya yang perlu anda cek yakni plafon atau langit-langit. Plafon merupakan sebuah permukaan yang ada pada atas ruangan anda, dimana permukaan tersebut menutupi bentuk struktural atap rumah. Karena masih berkaitan erat dengan atap rumah, maka tentunya bagian plafon ini perlu anda perhatikan perawatannya.

Cobalah cek bagian plafon anda. Apakah masih terlihat wajar dan normal sebagaimana mestinya? Atau justru mulai adanya terlihat beberapa keanehan? Seperti perubahan warna, adanya bekas air, ataupun mulai berjamur. Segeralah untuk melakukan perbaikan jika mulai terlihat tanda-tanda aneh pada bagian plafon rumah anda.
Tanda-tanda itu tidak akan muncul pada plafon jika kondisinya masih prima. Karena jika sampai muncul tanda tersebut, maka artinya sudah ada air yang merembes ataupun kebocoran ringan pada bagian atas ruangan anda. Tentunya anda tidak ingin hal itu semakin parah bukan?

Bagian Ventilasi Rumah

Yang berikutnya, ada bagian ventilasi yang juga perlu anda cek. Terutama pada sebuah rumah yang menerapkan konsep rumah dengan bukaan yang lebar, semisal rumah bergaya skandinavia. Bukaan yang lebar ini jelas bermanfaat sebagai akses keluar masuknya udara segar dan juga pencahayaan alami. Namun di lain sisi, bisa juga menjadi jalan masuk air hujan ketika angin sedang berhembus kencang.

Coba anda perhatikan apakah semua ventilasi yang ada dalam keadaan baik dan normal. Semisal pada jendela kaca yang bisa dibuka tutup. Coba cek apakah bagian engsel atau tuas yang berfungsi untuk membuka dan juga menutup jendela masih lancar saat digunakan. Jika mulai susah atau seret untuk digunakan, maka anda bisa menggunakan pelumas agar bisa lancar kembali.

Bagian Dinding Rumah

Lalu kemudian ada dinding rumah, yang pastinya tak luput dari penglihatan anda. Terutama pada interior rumah yang mengaplikasikan tema warna terang pada dinding, pastinya akan terlihat dengan jelas jika ada sesuatu yang tidak beres. Segeralah lakukan tindakan jika anda mulai menemukan hal yang janggal pada dinding rumah.

Salah satunya adalah mulai timbulnya jamur pada dinding rumah anda. Hal ini terjadi karena adanya air hujan yang meresap masuk ke dalam dinding rumah anda. Tentunya anda tidak ingin hal ini terus terjadi dan semakin parah bukan?
Karena itulah berikan perawatan ekstra pada dinding, terutama dinding eksterior rumah anda. Jangan terlalu pelit untuk membeli cat dan juga pelapis anti bocor yang berkualitas tinggi. Terlalu berhemat untuk urusan yang penting justru bisa menyengsarakan anda nantinya saat musim hujan berlangsung.

Bagian Kelistrikan

Untuk berikutnya yang tak kalah penting adalah bagian kelistrikan dalam rumah anda. Jangan sampai masalah kelistrikan anda abaikan menjelang musim hujan tiba. Karena jika sampai terjadi kerusakan atau hal yang tidak beres, bisa berakibat korsleting dan pastinya akan cukup berbahaya.

Pastikan semuanya dalam kondisi yang baik dan tanpa masalah. Kabel listrik, stop kontak, dan berbagai perangkat elektronik lainnya perlu anda perhatikan dengan seksama. Semisal kabel listrik, cek apakah mulai ada lapisan luar kabel yang mengelupas. Jika anda kurang paham atau tidak terlalu mengerti dengan masalah kelistrikan, maka anda bisa percayakan pada ahlinya untuk membantu anda dalam perawatannya.

Cek Taman Anda

Bagi anda yang memiliki taman, maka perlu juga anda perhatikan bagian yang satu ini. Jangan sampai taman yang seharusnya menghadirkan keindahan dalam hunian anda, justru membawa masalah nantinya saat musim hujan tiba. Karena cuaca bukanlah sesuatu hal yang bisa diprediksi dengan pasti. Kadangkala yang terjadi adalah hujan yang menyejukkan, tapi dilain waktu bisa terjadi hujan badai yang sangat kencang.

Coba cek berbagai tanaman dan juga pohon besar yang ada di taman anda. Pastikan hal tersebut tidak berpotensi membawa kerusakan saat cuaca sedang buruk, semisal pohon yang tumbang. Pangkas saja dedaunan dan cabang ranting yang mulai membesar, dimana sekiranya bisa berakibat buruk nantinya.
Kemudian jagalah selalu kebersihan taman anda. Jangan sampai ada tumpukan sampah berserakan, maupun daun-daun berguguran yang belum sempat anda bereskan. Karena di musim hujan hal itu bisa menjadi lebih buruk. Selain membuatnya tampak kotor, adanya genangan air juga bisa mendatangkan penyakit. Jadi jangan sampai lupa memperhatikan taman anda ya!

Perhatikan Furnitur Yang Ada

Kemudian yang terakhir, tidak ada salahnya jika anda mengecek berbagai furnitur dan juga perabotan yang ada dalam rumah. Tentunya ada berbagai perabot yang mudah rusak jika terkena air, terutama yang terbuat dari kayu. Saat musim hujan tiba, maka sebaiknya jauhkan berbagai perabot penting tersebut dari area yang rentan terkena cipratan air hujan, seperti pintu dan jendela.

Jika anda menggunakan lantai kayu, maka usahakan agar selalu kering, Segera lap dan keringkan lantai kayu tersebut jika keadaannya mulai lembab saat musim hujan. Dan jangan lupa juga akan adanya potensi serangan hama saat musim hujan. Rayap bisa saja merusak furnitur dan perabotan anda yang terbuat dari material kayu. Jendela anda yang terbuat dari kayu juga bisa menjadi masalah yang serius saat rayap menyerang. Segera antisipasi dengan pelapis anti rayap, agar perabotan kesayangan anda tetap aman terjaga saat musim hujan tiba.
Nah itu tadi pembahasan mengenai berbagai bagian rumah yang perlu anda cek perawatannya secara berkala. Dengan adanya perawatan dan pengecekan secara rutin, maka tentunya tidak akan mendatangkan masalah saat musim hujan telah tiba. Semoga bermanfaat ya, dan sampai jumpa pada pembahasan menarik berikutnya!.

Leave a Reply