085848444419 Hubungi kami sekarang untuk info lebih lengkap dan penawaran terbaik!

BOSAN DENGAN BALKON RUMAH BIASA? PERCANTIK SAJA DENGAN TAMAN MINIMALIS!

Bagian manakah dalam rumah yang menjadi spot favorit anda untuk bersantai melepas lelah setelah seharian beraktivitas di luar rumah? Tentu akan ada yang memilih untuk bersantai di ruang keluarga, di taman, teras rumah, maupun balkon. Khusus untuk yang terakhir, area balkon memang menjadi sebuah spot yang sangat memanjakan bagi mereka yang memiliki bangunan bertingkat. Kesejukan, kesegaran, kemudian ditambah dengan luasnya pandangan yang ditawarkan akan selalu memanjakan siapapun yang ingin melepas penat di area balkon.
Umumnya penataan interior balkon akan dikemas secara sederhana, dimana yang penting ada sebuah tempat untuk bersandar sambil menikmati pemandangan. Nah apakah anda termasuk salah satunya? Jika iya, maka kini sudah waktunya untuk merombak balkon anda!

Karena kali ini kita akan coba untuk merombak balkon yang sederhana, menjadi lebih segar dan menyejukkan. Tidak peduli seberapa sempit balkon yang anda milki, akan tetap bisa jadi tampil lebih cantik dan memanjakan mata. Caranya adalah dengan menambahkan taman mini atau taman minimalis ke dalam balkon milik anda.
Lantas seperti apakah balkon sederhana yang sudah dipercantik dengan taman minimalis? Apa saja hal yang perlu diperhatikan agar balkon anda jadi tampil lebih menawan? Yuk deh langsung saja kita ulas bersama !

Manfaatkan Setiap Sisi Yang Potensial

Mungkin anda akan sedikit kebingungan saat hendak berkreasi menghadirkan adanya sebuah taman ke dalam balkon. Karena luasnya yang relatif sempit, menjadikan anda ragu dan bimbang dalam menata taman kecil. Padahal nyatanya, balkon sempit pun akan tetap bisa digabungkan dengan taman minimalis asalkan jeli dalam memanfaatkan celah yang ada.

Salah satunya dengan memaksimalkan peranan pagar balkon yang ada. Pagar balkon yang berfungsi sebagai garis batas area dan juga pengaman, bisa anda maksimalkan sebagai media untuk taman minimalis. Seperti pada contoh inspirasi diatas misalnya. Anda bisa meletakkan berbagai pot bunga maupun tanaman hias, yang bisa melengkapi ide taman minimalis anda.
Inspirasi diatas jelas akan sangat efisien. Dibanding meletakkan semua pot tanaman pada lantai balkon yang justru membuatnya tampil penuh dan sesak, akan lebih efektif jika membaginya untuk digantungkan pada bagian pagar balkon. Selain pot, tanaman merambat juga bisa menjadi salah satu alternatif lain. Dimana bisa menjadikan area balkon anda nampak rimbun dan semakin hijau dengan adanya tanaman yang merambati pagar balkon.

Sisi berikutnya yang bisa anda manfaatkan yaitu bagian sudut dalam balkon. Inspirasi diatas mungkin bisa menjadi salah satu alternatif untuk anda pertimbangkan. Dibandingkan dengan menata meja dan kursi pada area tengah balkon, kenapa tidak manfaatkan saja bagian sudut yang ada?
Dengan pemilihan meja setengah lingkaran yang menempel langsung pada bagian sudut balkon, mampu mengisi sudut ruang tersebut dengan sangat sempurna. Keuntungan yang didapat yaitu akan ada sisa space yang cukup luas pada area tengah balkon.Dengan begitu, maka anda akan mampu mendatangkan ide kreatif untuk penataan taman minimalis.
Anda bisa menempatkan beberapa pot pada area pagar balkon, seperti pada inspirasi sebelumnya. Kemudian karena masih ada cukup banyak space yang tersisa, anda bisa mengkreasikan penataan tanaman lainnya agar taman minimalis anda semakin indah dan cantik. Jika pada sisi pagar balkon sudah anda penuhi dengan berbagai jenis tanaman hijau, mungkin anda bisa manfaatkan area tengah balkon dengan tanaman bunga berwarna cerah. Sehingga selain memberkan warna yang berbeda ke dalam balkon anda, juga mampu berfungsi sebagai aksen yang cantik. Lalu jika ada pot berukuran mini, boleh kok untuk diletakkan pada atas meja agar semakin manis.

Bagaimana dengan atap balkon? Oh tentu bisa juga dong! Anda bisa menambahkan tanaman gantung pada bagian atas balkon milik anda. Coba deh lihat contoh inspirasi diatas. Sangat cantik bukan?
Coba saja anda berikan beberapa pot gantung pada bagian atap balkon. Kemudian anda tambahkan dengan lampu yang berhiaskan ornamen etnik. Dijamin taman minimalis anda akan sangat memanjakan mata! Intinya jangan terburu pesimis dengan balkon yang sempit. Asal ditata secara tepat, anda akan tetap mampu menghadirkan taman minimalis ke dalamnya!

Kreasikan Lantai Balkon

Seperti apakah lantai balkon anda saat ini? Apakah hanya polos begitu saja? Jika iya, maka anda bisa mencoba sesuatu yang berbeda ke dalamnya!

Ide taman minimalis pada balkon tidak hanya soal tanaman pada pot. Namun anda bisa mengkreasikannya dengan menghadirkan nuansa taman yang sebenarnya melalui lantai yang anda gunakan. Seperti pada contoh diatas misalnya, anda bisa menambahkan bebatuan dan juga area rumput kecil untuk semakin menambah mantap tampilan taman minimalis.
Dengan ide seperti diatas, maka nantinya anda akan merasakan sensasi seperti berada di taman yang sesungguhnya, namun pada ketinggian yang berbeda. Saat anda menginjakkan kaki pada lantai kayu, bebatuan, diiringi berbagai tanaman hijau yang menyegarkan, kemudian ditemani dengan lilin aroma therapy, akan semakin memperkuat sesi relaksasi anda. Untuk inspirasi diatas, sebaiknya anda gunakan saja furnitur seperti meja yang pendek untuk berpadu sempurna dengan taman minimalis pada balkon anda.

Jika anda kurang suka dengan taman minimalis yang terlalu natural, maka anda bisa kreasikan seperti di atas ini. Anda bisa gunakan saja rumput sintetis pada bagian lantai balkon. Atau bisa juga gunakan karpet berwarna hijau terang dengan bentuk yang agak kasar.
Warna hijau terang tersebut akan menambah mantap kesan taman minimalis anda. Anda juga akan tetap mendapatkan sensasi seperti sedang berada di taman sesungguhnya saat memijakkan kaki diatasnya. Jika ingin mendapatkan kesan sebuah taman minimalis yang ceria, anda bisa menggunakan elemen hias seperti bantal duduk dengan warna pink cerah. Pot warna-warni? Jelas akan membuat suasana jadi semakin menyenangkan!

Jangan Lupakan Dinding Balkon

Umumnya kita akan melihat bentuk taman dengan posisinya yang sejajar dengan lantai. Namun anda tentu ingat jika ada vertical garden! Yaitu taman dengan posisinya yang berjajar secara vertical dari bawah ke atas. Jadi kenapa tidak anda kreasikan saja ide vertical garden ke dalam taman minimalis pada balkon milik anda!

Dengan taman minimalis yang posisinya vertical, maka tentunya anda akan mendapatkan banyak sisa space pada balkon. Sehingga anda bisa memanfaatkan ruang tersebut sebagai tempat untuk berkumpul bersama keluarga besar. Jadi anda tidak lagi hanya bersantai sendirian ataupun berdua dengan pasangan, namun anda bisa bercengkrama dengan keluarga besar sembari menikmati senja dan secangkir teh hangat yang diiringi hamparan luas pemandangan. Indah sekali bukan?
Anda bisa meletakkan dua kursi single dan juga kursi panjang dengan meja di tengahnya. Yang pastinya akan sangat mendukung untuk suasana hangat berkumpul bersama keluarga tercinta. Ditambah dengan alas rumput hijau juga akan semakin mantap jadinya. Pilihlah tanaman ataupun bunga kesukaan anda sekeluarga untuk ditempatkan pada salah satu dinding balkon. Untuk sisi pagar balkon biarkan saja kosong, karena sudah ada focal point yang sempurna pada vertical garden milik anda.

Ingin bersantap makan bersama? Bisa juga dong. Jika memang luasnya memungkinkan, boleh saja anda menempatkan meja makan memanjang pada balkon anda. Yang pasti suasana makan bersama keluarga akan semakin hangat, segar, dan juga menyejukkan ditemani dengan taman minimalis vertikal yang ada pada balkon milik anda. Tambahkan penerangan berupa lampu dengan pencahayaan yang indah, maka anda akan mendapatkan suasana makan malam yang penuh kebahagiaan di rumah anda sendiri. Tidak perlu sering-sering ke restoran mewah lagi ya jadinya untuk mendapatkan suasana makan malam yang romantis!

Nah jadi itu tadi ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai inspirasi taman minimalis pada balkon rumah. Kami harapkan ulasan kali ini bisa menambah semangat anda dalam mempercantik tampilan balkon milik anda yang tadinya biasa saja menjadi semakin cantik dan menarik. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada ulasan menarik berikutnya!

Leave a Reply