085848444419 Hubungi kami sekarang untuk info lebih lengkap dan penawaran terbaik!

TEKSTUR LANTAI TERNYATA HARUS SESUAI DENGAN FUNGSI RUANGAN LHO, SUDAH TAHU BELUM?

Pernahkah anda mendapatkan sebuah kesan yang monoton dalam setiap ruangan pada rumah anda? Jika iya, maka bisa dipastikan salah satu variabel penyebabnya adalah penggunaan jenis dan tekstur lantai yang sama pada setiap ruangan yang ada. Dengan menggunakan tekstur lantai yang sama dengan seragam pada seluruh ruangan, akan mengakibatkan penghuninya menjadi cepat bosan karena tidak adanya pembeda dalam setiap ruang.
Kemudian selain dari sisi estetik, hal tersebut tentu tidaklah sesuai dengan aspek fungsionalitasnya. Karena setiap ruang yang berbeda tentunya akan membutuhkan jenis lantai yang berbeda pula. Setiap fungsi ruang jelas akan mempunyai jenis kegiatan yang berbeda, sehingga akan lebih tepat jika anda memberikan tekstur lantai sesuai dengan yang diperlukan.
Sebagai contoh, tekstur lantai untuk ruang dapur tentunya akan berbeda dengan ruang pada kamar mandi karena adanya kelembaban udara yang tidak sama. Begitu juga adanya dengan fungsi ruang lainnya. Nah untuk lebih lengkapnya, mari kita ulas bersama mengenai berbagai tekstur lantai yang tepat untuk setiap fungsi ruang yang ada pada rumah hunian!

Tekstur Lantai Untuk Garasi Kendaraan

Yang pertama kita mulai dulu dari fungsi ruang yang biasanya ada pada bagian luar atau samping rumah ini. Anda tentu sudah memahami, keutamaan fungsi ruang ini adalah untuk memarkirkan berbagai jenis kendaraan yang ada mulai dari mobil, motor, sepeda, dan lain sebagainya. Dengan begitu, maka salah satu aspek yang harus dimiliki dalam tekstur lantai yang tepat yaitu lantai yang memiliki ketahanan yang prima bukan?
Terlebih jika anda memiliki cukup banyak kendaraan, maka pastinya lantai yang ada harus mampu menahan beban hingga ratusan kilogram. Pemilihan tekstur lantai yang tidak tepat jelas tidak akan mempu bertahan lama karena adanya beban yang cukup berat tersebut.
Selain itu, tektur lantai yang tepat tentunya adalah yang anti selip dan juga anti licin, karena berhubungan dengan roda kendaraan anda. Tak ketinggalan juga dengan potensi kotoran yang terbawa masuk roda kendaraan, maka dibutuhkan pula tekstur lantai yang cukup bisa menyamarkan adanya noda.

Melihat berbagai kebutuhan yang ada pada fungsi ruang garasi, maka jelas tekstur lantai kasar adalah pilihan yang sangat tepat. Tekstur lantai tersebut bisa anda dapatkan dengan pemilihan material seperti batu alam, paving blok, dan lain sebagainya. Lalu yang berikutnya perlu anda perhatikan dari warnanya. Usahakan untuk memberikan kesan warna yang cenderung gelap pada lantai garasi anda, karena akan rentan dari noda dan kotoran yang terbawa oleh kendaraan. Seperti pada contoh gambar diatas misalnya, penggunaan lantai yang ada sudah tepat sesuai dengan tekstur dan juga kesan warna yang dibutuhkan.

Tekstur Lantai Untuk Ruang Tamu

Selanjutnya kita beralih ke bagian fungsi ruang yang biasanya terletak pada bagian depan rumah. Sesuai namanya, ruang tamu tentu memiliki fungsi sebagai tempat dimana kita akan menjamu tamu yang sedang berkunjung. Karena itu, pemilihan lantai tentunya tidak bisa sembarangan ya. Pastinya kita akan memberikan sebuah kesan yang baik terhadap tamu yang datang, terlebih lagi terhadap tamu-tamu penting.
Sebelum memutuskan dalam pemilihan lantai, tentu ada pertimbangan yang harus anda tentukan terlebih dahulu. Apakah tamu yang berkunjung harus melepas alas kaki, atau diperbolehkan untuk masuk ke dalam ruang tamu dengan tetap memakai sandal maupun
sepatu. Jika tamu yang datang harus melepaskan alas kaki, maka anda bisa menggunakan tekstur lantai yang memiliki kesan hangat dan juga lembut dengan penggunaan material kayu.

Jika anda kurang suka dengan penggunaan material kayu, maka anda bisa mendapatkan kesan hangat dari pemakaian lantai karpet. Tekstur pada lantai karpet akan membuat tamu yang datang merasa nyaman saat menginjakkan kaki. Ditambah dengan kesan dan tampilannya yang mampu membuat perbincangan yang ada jadi semakin hangat.

Dan sebaliknya, jika anda membebaskan tamu yang berkunjung untuk tetap menggunakan alas kaki maka anda bisa memakai tekstur lantai yang licin seperti ubin, keramik, ataupun tegel. Seperti pada contoh diatas misalnya, penggunaan lantai tegel bisa menghadirkan suasana teduh dan juga sejuk. Pastinya akan sangat cocok diaplikasikan untuk ruang tamu anda, terlebih bagi anda penyuka gaya klasik. Untuk urusan kebersihan tentu bukanlah menjadi suatu masalah, karena tekstur lantai ini tidak merepotkan dalam membersihkannya.

Tekstur Lantai Untuk Kamar Tidur

Setelah dari ruang tamu, sekarang kita beranjak menuju kamar tidur. Sesuai dari sisi fungsionalitasnya, maka kita sudah bisa mendapatkan gambaran tekstur lantai seperti apakah yang cocok untuk diterapkan kedalamnya. Kamar tidur jelas membutuhkan suasana yang nyaman, rileks, dan juga menenangkan untuk bisa memberikan kualitas istirahat yang sempurna. Karena itu, akan dibutuhkan tekstur lantai yang halus dan lembut, tanpa banyak memberikan kontur yang kasar.

Sebagai contoh, anda bisa menerapkan inspirasi diatas untuk kamar tidur anda. Dengan desain laminasi yang hampir serupa dengan gradasi warna kayu, bisa menghadirkan suasana yang tentram dalam kamar tidur anda nantinya. Tekstur permukaan pada lantai tersebut akan terasa halus, sehingga menghadirkan kenyamanan bagi anda saat menginjakkan kaki di dalam ruangan tidur anda.
Untuk urusan perawatan, lantai dengan tekstur seperti diatas tidaklah membutuhkan perhatian yang cukup besar. Cukup usahakan agar lantai tidak menjadi basah, karena bisa manjadikan lantai menjadi rengat. Kemudian usahakan jangan meletakkan furnitur yang terlalu berat diatasnya ya!

Tekstur Lantai Untuk Ruang Dapur

Selanjutnya kita akan beralih ke ruang dapur. Sudah tahu kan pastinya, ruang yang satu ini akan cukup banyak berurusan dengan noda dari proses memasak? Cipratan minyak, noda makanan, tetesan air sabun, adalah hal yang lumrah menghiasi fungsi ruang yang satu ini. Karena itu tentu kita tidak bisa asal dalam menentukan tekstur lantai yang pas. Salah-salah justru bisa beresiko terpeleset jika teksturnya kurang tepat.

Karena memang berpotensi akan adanya banyak noda dan cairan, tentu jenis lantai yang tepat adalah lantai dengan tekstur yang keset dan anti licin. Lantai dengan tekstur ini jelas mampu menghadirkan rasa nyaman dan tenang dalam prosesi memasak anda.
Anda tidak perlu khawatir dan takut lagi dengan resiko terpeleset di dapur anda, karena memang teksturnya yang mampu mencegah kejadian yang tidak diinginkan seperti menyenggol kompor yang sedang menyala ataupun menjatuhkan minyak panas.

Tekstur Lantai Untuk Kamar Mandi

Kemudian yang terakhir, kita akan menuju ke bagian ruang kamar mandi. Tentu kita semua tahu bahwa ruang yang satu ini akan selalu basah. Resiko terpeleset tentu menjadi lebih besar dibandingkan pada ruangan dapur. Karena itulah, lantai dengan tekstur yang kasar mutlak diperlukan pada fungsi ruang yang satu ini. Dengan teksturnya yang kasar, jelas akan mampu meminimalisir terjadinya hal yang tidak kita inginkan.

Untuk mendapatkan lantai dengan tekstur yang kasar ini tentu bisa anda peroleh dari penggunaan material seperti keramik batu alam maupun keramik yang khusus diperuntukkan dalam kamar mandi. Permukaan keramik ini akan memiliki kontur yang menonjol dan juga kasar, sehingga potensi terpeleset bisa ditekan serendah mungkin. Namun meskipun bersifat kasar pada teksturnya, lantai jenis ini akan tetap nyaman untuk dipijak. Sehingga selain minim resiko, anda akan tetap mendapatkan aspek kenyamanan di dalamnya.
Nah itu tadi ulasan singkat mengenai berbagai tekstur lantai yang tepat untuk setiap fungsi ruangan yang berbeda. Dengan mengetahui tekstur yang tepat, maka tentunya akan bisa memberikan nilai yang lebih dari fungsi ruangan yang anda miliki nantinya. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada ulasan menarik berikutnya!

Leave a Reply